Dua Pesaing Berat Komodo dari Asia Tenggara

Dua Pesaing Berat Komodo dari Asia Tenggara | Taman Nasional Komodo mewakili Indonesia dalam kontes tujuh keajaiban dunia. Taman nasional yang didirikan pada 1980 ini menjadi salah satu dari 28 finalis dalam kontes ini.

Taman nasional ini terdiri dari tiga pulau utama, yakni Komodo, Rinca, dan Pandar. Luas totalnya mencapai 1.817 kilometer persegi. Pulau Komodo sendiri memiliki luas sekitar 603 kilomenter persegi.
Eko Huda S
Selain melindungi Komodo yang merupakan hewan langka, taman nasional ini juga melindungi beberapa spesies lainnya. Dalam laman www.new7wonders.com, sementara ini ada 12.598 pengguna Facebook yang menyukai Taman Nasional Komodo.

Namun, Pulau Komodo bukan satu-satunya peserta yang berasal dari Asia Tenggara. Tercatat, ada dua finalis kontes ini yang berasal dari kawasan ini. Mereka adalah Halong Bay dan The Puerto Princesa Subterranean River National Park.

Halong Bay terletak di Provinsi Quang Ninh, Vietnam. Kawasan ini terdiri dari beberapa pulau kapur. Bentuknya pun unik dan beraneka ragam.
Halong Bay
Panjang pantainya mencapai sekitar 120 km dan luasnya sekitar 1.553 kilometer persegi dengan jumlah pulau mencapai 1.969 buah. Beberapa pulaunya berlubang membentuk gua-gua yang sangat besar.

Tempat ini memiliki perairan yang dangkal. Menjadi tempat hidup bagi 200 jenis ikan dan 450 jenis moluska. Keunikan lain dari Halong Bay adalah banyaknya danau yang terdapat di beberapa pulau kapur, seperti Pulau Dau Be yang memiliki enam danau.

Untuk sementara, dalam laman new7wonders.com, terdapat 3.446 pengguna Facebook yang menyatakan "suka" dengan tempat ini.

Sedangkan, The Puerto Princesa Subterranean River National Park ada di Filipina. Letaknya sekitar 50 km utara Kota Peurto Princesa, Palawan, Filipina.
The Puerto Princesa Subterranean River National Park
Kawasan ini terdiri dari pegunungan kapur dengan landscape sepanjang 8,2 km. Sungai bawah tanah di taman nasional ini diklaim menjadi yang terpanjang di dunia.

Banyak stalagmit dan stalagtit yang unik di tempat ini. Selain itu, banyak terdapat ruangan dalam ukuran yang besar. Mulut gua dihiasi pepohonan tua. Kera, kera besar, dan tupai banyak ditemukan di tempat ini. Untuk sementara, berdasarkan data yang tercantum di laman new7wonders.com, ada 25.534 yang menyatakan menyukai tempat ini.

Kontes ini, sebelumnya diikuti oleh 37 negara. Kemudian jumlah itu diciutkan menjadi 28 finalis. Pengumuman pemenang 7 keajaiban dunia yang baru akan diumumkan pada 11 November mendatang. (kd)

Sumber:  http://nasional.vivanews.com

G+

0 comments:

Post a Comment