Pentingkah Google Page Rank Buat SERP

Pentingkah Google Page Rank Buat SERP | Tips SEO kali ini adalah Pentingkah Google Page Rank Buat SERP. Pagerank merupakan salah atau algoritma yang membentuk google hingga menyebabkan kesuksesan google seperti saat ini. pagerank merupakan algoritma yang digunakan google untuk memberikan hasil pencarian yang relevan dalam halaman hasil pencarian search engine (Search Engine Result Page / SERP).

Fungsi Awal PageRank dalam SEO
Pada awalnya, PR menunjukkan seberapa penting dan relevan suatu situs terhadap situs lain berdasarkan jumlah dan kualitas backlink ke situs tersebut. Makin tinggi nilai pagerank, maka menunjukkan makin penting juga situs tersebut, sehingga lebih mendapat peluang untuk berada di posisi teratas dalam SERP. Oleh karena itu, para ahli, pakar, & master SEO, serta pemilik situs maupun blog, menganggap PR sebagai salah satu target SEO. Mereka berusaha mendapatkan pagerank yang setinggi-tingginya agar blog atau situsnya berada dalam posisi teratas pada hasil pencarian untuk keyword yang ditargetkan. Praktek manipulasi untuk meningkatkan PageRank pun marak dilakukan, sehingga terkadang hasil pencarian menjadi tidak relevan. Praktek manipulasi tersebut beragam, contohnya jualan link, tukaran link, ternak link, dan sebagainya hingga menyebabkan nilai PR tidak lagi mencerminkan fungsi sebenarnya.

Google Menghilangkan PageRank dalam SEO
Dewasa ini, Google telah menerapkan pinalti PageRank kepada blog atau situs yang menjual link, akan tetapi praktek manipulasi untuk meningkatkan pagerank tetap banyak dilakukan. Akhirnya google memutuskan untuk tidak lagi memasukkan PageRank dalam algoritma hasil pencarian, atau dengan kata lain pengaruh PageRank terhadap SEO tidak ada lagi. Hal ini disampaikan oleh Susan Moskwa, salah satu Google Webmaster Trends Analyst:

“We’ve been telling people for a long time that they shouldn’t focus on PageRank so much; many site owners seem to think it’s the most important metric for them to track, which is simply not true,” states Moskwa. “We removed it because we felt it was silly to tell people not to think about it, but then to show them the data, implying that they should look at it.” (Source: WebProNews)

Terjemahan bebasnya kira-kira seperti ini:

“Kami telah memberi tahu orang sekian lama agar jangan terlalu fokus pada PageRank. Kebanyakan pemilik situs terlihat berpikir PageRank adalah alat ukur terpenting bagi mereka, padahal itu tidak benar. Kami menghilangkan PageRank karena kami merasa dulu sangat aneh memberitahu orang-orang untuk tidak berpikir tentang PageRank, namun kami tetap menunjukkan datanya, seakan memberitahu mereka bahwa harus melihat PageRank (Sumber: Google Ditches PageRank in Webmaster Tools | WebProNews)

Kesimpulan Pengaruh PageRank Pada SEO

Untuk alasan SEO, dan peringkat di index Google, PageRank telah dihilangkan dari algoritma Google. Hal ini dapat diartikan sebagai berikut:

Untuk keyword yang sama, halaman suatu blog atau situs pada SERP tidak lagi dipengaruhi oleh PageRank.
Blog atau situs ber-PR 0 atau tidak memiliki PR bisa berada pada urutan pertama dan halaman pertama SERP untuk kata kunci yang sama dengan blog atau situs ber-PR 1 atau lebih tinggi.

Walaupun PageRank dihilangkan dalam algoritma urutan hasil pencarian, PageRank masih tetap ada dan Google telah melakukan update semua situs dan blog baru-baru ini ( oktober 2010). Namun fungsi PageRank saat ini lebih banyak pada peringkat situs atau blog tersebut terhadap blog atau situs yang lain, tanpa ada pengaruhnya terhadap SEO. Hal ini dikarenakan sebagian besar orang telah menganggap Google Page Rank sebagai indikator prestasi sebuah blog. Orang lebih menghargai dan lebih suka melihat blog dengan PR 5 dibandingkan blog dengan PR 0.

PageRank adalah ciptaan Google, jadi kecuali mereka benar-benar telah menghilangkannya dari system dan Google Toolbar mereka, maka selama itu PageRank tetap ada. Kemungkinan Google tidak menghilangkan PageRank sama sekali karena beberapa alasan, yaitu:

PageRank merupakan cikal bakal terbentuknya Google, sehingga memberikan jasa yang sangat banyak dalam perkembangan Google.
Google telah bertahun-tahun menyatakan PageRank sangat penting untuk SEO dan merupakan satu dari 200 faktor dalam algortima Google.
Algoritma yang digunakan pada PageRank masih diterapkan dalam menentukan posisi sebuah blog atau situs dalam hasil pencarian, meskipun tidak lagi fokus pada kuantitas dan kualitas backlink dari segi besarnya PR.

Pengaruh PageRank hilang, Pengaruh Backlink Tetap Ada Dalam SEO

Nilai PR ditentukan oleh jumlah dan kualitas backlink. Walau pengaruh PageRank tidak ada lagi pada SEO, google tetap menggunakan algoritma perhitungan backlink dalam menentukan peringkat sebuah blog atau situs dalam hasil pencarian. Perubahannya adalah besar kecilnya PR tidak lagi berpengaruh, tetapi jumlah dan kualitas backlink berdasarkan relevansi yang menjadi landasan Google. Karena itu, Praktek Manipulasi seperti jualan link dan review berbayar akan tetap ada, karena webmaster akan tetap mencari backlink sebanyak-banyaknya agar situs mereka berada pada posisi teratas SERP. Namun persyaratannya akan bergeser dari minimum PR menjadi relevansi, anchor text, dan lingkungan link. Pemilik situs dan pemasang iklan yang membeli link, akan mencari blog atau situs yang memiliki relevansi dengan situs mereka, menilai trafficnya, dan tidak lagi berdasarkan besarnya PR blog atau situs tersebut.

dikutip dari : wayjar.com

G+

0 comments:

Post a Comment