Cara Mudah Menambahkan Label Pada Posting

Cara Mudah Menambahkan Label Pada Posting | Tutorial kali ini membahas Cara Mudah Menambahkan Label Pada Posting | Label pada Blogspot bisa juga dikatakan sebagai kategori dari artikel yang dibuat, label ini memudahkan kita dan juga pembaca untuk mengelompokkan artikel berdasarkan bidang atau jenis tertentu.
Untuk menambahkan label atau membuat label ini caranya sangat mudah, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat label ini.

Cara Membuat Label di Blogspot

Cara pertama yaitu melalui lembar editor, setiap kali membuat artikel baru kita bisa langsung menambahkan label pada artikel tersebut. Yaitu melalui kotak yang tersedia dibagian bawah editor Blogspot, lihat gambar dibawah ini :
Cara Mudah Menambahkan Label Pada Posting
Isikanlah label sesuai dengan yang dikehendaki, satu artikel bisa mempunyai beberapa label sekaligus jika memang saling berhubungan. Hal ini membuat artikel tersebut akan muncul disetiap label yang diberikan padanya.
Cara kedua yaitu melalui halaman Edit Posts, yaitu halaman yang menampilkan seluruh artikel yang pernah kita buat. Dari halaman ini kita bisa mengatur pemberian atau penghapusan lebal pada beberapa artikel sekaligus.
Cara Mudah Menambahkan Label Pada Posting
Cara menambahkan label yaitu dengan cara: 1) pilih file-file yang akan diberi label, 2) pilih label yang akan ditambahkan melalui ComboBox, untuk menambahkan label yang belum terdapat pada ComboBox ini dengan cara memilih New Label … maka akan mucul kotak dialog yang meminta menginputkan nama label yang baru.
Artikel yang sudah mempunyai label akan terlihat disebelah kanan dari judul artikel, label tersebut berupa tulisan berwana hijau. Untuk menghapus label pada artikel yang bersangkutan caranya juga sama, yaitu dengan memilih file kemudian pilih nama label yang akan dihapus.

Menempatkan Label di SideBar

Agar pengunjung bisa mengakses label tersebut, kita perlu menempatkan element label pada Layout Blog. Jika kamu belum mengetahui cara menempatkan element label di layout, berikut penjelasannya. Masuk kehalaman Template, lalu pada bagian sidebar (samping) klik pada link yang bertuliskan Add Page Element.
Cara Mudah Menambahkan Label Pada Posting
Lalu pada layar Choose New Page Element pilih element Label, dengan cara mengklik pada Tulisan ADD TO BLOG.
Cara Mudah Menambahkan Label Pada Posting
Kemudian akan muncul jendela yang menampilkan konfigurasi Label. Isikanlah Kotak Title dengan kata apapun yang diinginkan, misalnya kategori. Dan pilih jenis penyortiran yang diinginkan, apakah berdasarkan Huruf (Alphabetically) atau banyaknya artikel (By Frequency).
Cara Mudah Menambahkan Label Pada Posting
sampai di sini Cara Mudah Menambahkan Label Pada Posting selesai, semoga bermanfaat
Referensi

G+

0 comments:

Post a Comment