Cara Sharing Koneksi Internet Modem GSM

Cara Sharing Koneksi Internet Modem GSM | Kali ini saya akan sharing tentang Cara Sharing Koneksi Internet Modem GSM

Sharing Koneksi modem sudah cukup hanya jaringan EDGE tapi kalau ingin lebih cepat, walaupun di sharing ke beberapa (3 - 4 pc) maka perlu adanya jaringan HSDPA. Untuk mode sharing koneksi bisa menggunakan 2 metode yaitu jaringan LAN atau menggunakan jaringan AD-HOC (wireless). Perbedaannya hanya pada jumlah pc yang terkonek dan kecepatan koneksi. Untuk jaringan LAN saja tanpa menggunakan HUB (Switch) hanya bisa menghubungkan 2 pc saja, tapi kecepatan koneksi jauh lebih stabil daripada jaringan AD-HOC. Untuk jaringan AD-HOC sendiri bisa menggunakan 2-4 pc yang terkoneksi secara bersamaan hanya kestabilan dan kecepatan tidak seperti di jaringan LAN (kalau jauh dari server AD-HOC maka kemungkinan kecepatan akan menurun).

Jaringan LAN.
Jaringan LAN menggunakan kabel UTP sebagai penghubung dan tiap komputer yang ingin dikoneksikan harus memiliki Lan Card sebagai tempat colokan dari kabel UTP. Sedangkan pengaturan IP Address (alamat IP) masing-masing komputer harus diset secara manual. Umumnya untuk server (pc yang terkoneksi langsung ke internet menggunakan modem GSM) menggunakan IP Address : 192.168.0.1, sehingga untuk komputer yang kedua di set ke IP Address : 192.168.0.2 , sedangkan untuk IP Default Gateway ikut pada IP Address yang terkoneksi ke Internet yaitu 192.168.0.1. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini:

Jaringan AD-HOC
Jaringan AD-HOC adalah jaringan yang memanfaatkan wireless sebagai penghubung, sehingga setiap komputer yang ingin terkoneksi ke jaringan AD-HOC harus dilengkapi dengan Wireless. Jumlah komputer yang bisa terkoneksi bisa lebih dari 2. sedangkan untuk pengaturan IP address sama saja pada jaringan LAN. Untuk Windows 7, IP Address tidak perlu diatur secara manual tapi di set saja ke automatically artinya biarkan setiap komputer mencari IP Address tersendiri. Tapi kalau ini bermasalah, ical sarankan set IP secara manual saja.

Dibawah ini cara sharing koneksi internet sebagai contoh ical menggunakan modem GSM, dengan nama profil "internet" dan menggunakan OS Windows 7 untuk Windows XP silahkan menyesuaikan saja.
show all connection, dengan mengklik icon di taskbar (biasanya iconnya pas di sebelah kiri speaker)

Klik kanan profil internet yang akan disharing, kemudian klik properties - klik tab Sharing
Ceklist "Allow other network users to connect throught this computer's internet connection" , sedang pada home networking connetion, pilih koneksi apa yang akan digunakan untuk sharing, apakah menggunakan AD-HOC (wireless) atau LAN . Setelah memilih silahkan tekan Ok.

Kini komputer yang terkoneksi dengan komputer kita sudah bisa mengakses internet juga.

Yang harus diperhatikan adalah pengaturan IP Default Gateway dan IP DNS pada komputer client yaitu harus sama dengan komputer server.

Trik sharing koneksi internet ini bisa juga diterapkan untuk warnet yang menggunakan banyak komputer (menggunakan jaringan LAN dan HUB/Switch). Selain itu, trik ini juga berfungsi bagi yang menggunakan koneksi gratisan seperti internet gratis telkomsel, karena dengan koneksi yang disharing maka proses pengambilan dan pengiriman data ke internet lebih lancar (gak pernah idle) karena ada banyak komputer yang menggunakan koneksi ini. Ical sudah pernah mempraktekkan trik ini, menggunakan jaringan HSDPA sampai 4 laptop koneksi masih lancar, untuk jaringan EDGE bisa sampai 2 laptop.

Untuk koneksi gratisan yang menggunakan VPN, bisa langsung adapter VPNnya yang di share , bukan profil internetnya, sehingga komputer client tidak perlu lagi mengatur proxy lagi di browser. Untuk koneksi gratisan yang menggunakan ultrasurf, yang dishare adalah profil internetnya, sehingga di komputer client harus pula menggunakan ultrasurf, sehingga browser pada komputer client harus diset ke proxy ultrasurf. Oia kelupaan, dengan terkoneksinya komputer dengan jaringan LAN atau AD-HOC, maka tidak hanya sharing koneksi internet yang bisa dilakukan, tapi sharing folder/data juga bisa, sehingga kita tidak perlu lagi menggunakan flashdisk untuk mengambil data dari komputer tertentu, cukup sharing foldernya saja, jadi semua komputer yang terkoneksi bisa melihat foldernya dan bisa mengkopi ke komputer masing-masing. (source: icalcell.com)
demikian Cara Sharing Koneksi Internet Modem GSM

G+

0 comments:

Post a Comment