Cara Backup Password yang disimpan di Mozilla Firefox

Cara Backup Password yang disimpan di Mozilla Firefox - Ali Bloggers, Banyak sekali perbincangan yang saya temukan mengenai Cara Backup Password yang disimpan di Mozilla Firefox. ketika saya berkunjung ke salah satu forum terkemuka di dunia maya, ternyata ada jawaban yang pas dan saya coba test, alhamdulilah berhasil. Artikel ini juga ditujukan bagi rekan semua yang mengalami masalah yang sama yaitu Cara Backup Password yang disimpan di Mozilla Firefox, untuk itu saya share dalam postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi rekan pembaca Asrizal Wahdan Wilsa Sharing Media.
Fasilitas save password firefox sudah tertera dan otomatis akan bekerja ketika kita mengetikkan username dan password. berhubungan dengan hal itu pasti muncul di sudut kanan atas browser mozilla firefox dengan tampilan SAVE, atau NOT NOW atau NEVER. kita bisa pilih salah satu.

Fasilitas ini juga saya gunakan untuk menyimpan Username dan Password blog, email, facebook serta account yang lain yang saya miliki. Namun beberapa waktu lalu, saya membaca majalah IT disana dikatakan bahwa fasilitas ini bisa di masuki trojan yang dapat menyusup di browser firefox yang kita gunakan untuk kemudian dicuri username dan passwordnya.
Baca : Cara Membuat Password yang Aman.
Saya pernah membaca dan mampir di forum adsense-id , berikut adalah isi threadnya :
Firefox dari mozilla kini sudah masuk versi 4.0 (masih beta). Firefox adalah browser favorit saya, kenapa ? karena banyak fasilitas addon yang tersedia apalagi buat pemula di bisnis internet seperti saya, sebut saj addon buat :
1. melihat link apakah dofollow atau no follow : nodofollow
2. melihat kualitas seo suatu website : seoquake
3. untu kases ftp : fireftp
dan banyak addon lainnya.
Nah kemarin baca salah satu master disini dimana accountnya kena hack, kata beliay sich kenanya dari browser mozilla.
Lalu saya bertanya KOK BISA ya, password yang disimpan di browser bisa diambil.
Coba nyari-nyari informasi sana sini akhirnya dapat info dari salah satu majalah komputer edisi Oktober 2010 (belinya di toko loak langganan gue…sssstttt, jangan bilang bilang ya).
Nyoba nyari ilham di forum ini, belum ada yang bahas kecuali satu thread yang bags dari Master aku345 Tips mencegah pencurian passowrd lihat di :
Judul artikelnya :
MEWASPADAI PENCURIAN PASSWORD PADA FIREFOX
Di artikel dijelasakan bagaimana malware bisa mengambil passord yang kita simpan di browser firefox.
Begini prosesnya menurut artikel itu, saat kita masuk ke website dengan username dan password, firefox biasanya menawarkan opsi untuk menyimpan PASSWORD
REMEMBER / NOT NOW / NEVER
Jika kita pencet REMEMBER , maka Firefox akan menyimpan password kita, sehingga saat kita akan masuk lagi dilain waktu kita tidak perlu mengetik ulang password kita, contohnya saja mau masuk forum adsense-id.com ini.
Jika penyimpanan passowrd menggunakan cara ini, maka setiap pengguna firefox bisa langsung melihat passoword anda, NGAK PERCAYA ?
Kalo bro/sis saat ini pake firefox, kita akan lihat bagaimana cara membaca username dan password yang kita simpan :
Cari menu Tools> Options > secutity > pencet tombol Saved
Passowords show password
maka akan terlihat semua situs dengan username dan passord yang kita simpan didalam firefox.
ADA NGAK ? Bayangkan jika bro/sis login di kompi umum seperi warnet/kantor/public area ?
Terus bagaimana cara mengantisipasinya.
1. Jangan pernah menyimpan password jika menggunakan kompi umum
2. Untuk pengaman berlapis penyimpanan password pada firefox bisa ditambahkan Master Password sehingga pengguna lain tidak leluasa menglihat record password kita. CARANYA ?
menu TOOLS>OPTIONS> CARI USE MASTERPASSWORD
dengan begitu orang lain tidak bisa melihat saved password kita yang ada di firefox.
Hanya saja Setiap kali kita akan menggunakan record password untuk lain kali akan ditanyakan Master Password, tinggal masukkan saja.
Semoga berguna, jika berkenan tombol like ada dikiri bawaha artikel ini.
SEMOGA KITA TERHINDAR DARI SEGALA KEJAHATAN DUNIA MAYA, SEHINGGA BISA MENCARI PENDAPATAN DI INTRENET DENGAN LEBIH AMAN DAN TENTRAM.
Masalahnya kemudian timbul saat kita akan re-install browser firefox/instal ulang PC/Laptop secara keseluruhan maka Mozilla Firefox pun akan ikut terhapus. lalu bagaimana caranya backup passord yang disimpan di mozilla firefox? Browsing di Google saya menemukan salah satu cara backup password yang tersimpan di firefox adalah dengan menggunakan addon mozilla firefox namanya : Password exporter.
Caranya :
1. Install dulu addon password exporter
2. Setelah itu restart firefox dan buka Tools > Options dan pilih Security Tab.

3. Klik tombol import/export password
4. Akan terbuka jendela baru, centang pada kotak Encrypt Usernames/Passwords kemudian klik export password
5. Untuk menyimpan file, beri nama dan pilih tipe file, bisa CSV or XML file.
6. Setelah tersimpan, kita bisa mengimport kembali atau jika disimpan dengan tipe file xml bisa dibuka di ms.excell
sumber : asrizalwahdanwilsa.blogspot.com/2011/07/cara-backup-password-yang-disimpan-di.html
rating 4.5

G+

0 comments:

Post a Comment