Cara Install Opera Web Browser di Ubuntu Linux

Cara Install Opera Web Browser di Ubuntu Linux
- Jika anda menggunakan Ubuntu Linux sebagai sistem operasi pada komputer atau notebook, maka web browser yang dipakai adalah Mozilla Firefox. Bagi pecinta web browser yang lain, anda bisa menambahkannya sendiri ke dalam Ubuntu yang anda pakai. Khusus bagi yang ingin menggunakan Opera web browser, kami berikan tutorial bagaimana cara menambahkannya di bawah ini.

Sebagai contoh, kami menggunakan Ubuntu Linux 10.0.4 LTS Lucid Lynx pada notebook Compaq Presario CQ42-207TU. Berikut langkah-langkah meng-isntall Opera web browser pada Ubuntu:

Buka official website dari Opera di http://www.opera.com/browser/download. Jika anda menggunakan Ubuntu saat membuka halaman tersebut, maka secara otomatis akan mendeteksi OS anda dan memilihkan versi khusus Ubuntu Linux yang siap di-download. Jika saat ini menggunakan OS selain Ubuntu Linux (Misalnya Windows), anda harus memilih secara manual agar mendapat link khusus Ubuntu Linux.

Download file .DEB (File installer dalam Linux) ke komputer/notebook anda.

Setelah selesai, buka folder dimana anda meletakkan file hasil download dan klik dua kali file tersebut. Atau bisa juga dengan menggunakan klik kanan dan pilih Open with Gdebi Package Installer.

Klik tombol Install Package.
Masukkan password dari super user yang anda pakai.
Tunggu proses install sampai selesai.

Coba buka melalui menu Applications di taskbar. Opera web browser siap digunakan.
Sekarang anda bisa menggunakan Opera Web Browser di Ubuntu Linux. Lalu, bagaimana cara menginstall web browser yang lain (Safari, Google Chrome mupun Internet Explorer) di Ubuntu Linux? Tunggu saja tanggal mainnya!

rating 4.5

G+

0 comments:

Post a Comment