Cara Memperbaiki Dokumen MS Word yang Rusak / Corrupt


- Dokumen MS Word atau file Microsoft Word merupakan salah satu dokumen pengetikan yang sering anda gunakan. Secara default, dokumen MS Word ini akan tersimpan dengan ekstensi atau format *.doc (contoh: dokumenku.doc). Banyak tugas-tugas atau dokumen penting yang anda simpan dalam format *doc. Bahkan hampir dipastikan, bagi anda pengguna Microsoft Office, menyimpan hasil ketikan anda dalam format ini.

Cara Memperbaiki Dokumen MS Word yang Rusak / Corrupt

Sayangnya, dokumen MS Word dengan ekstensi *.doc seringkali rusak karena virus atau hal lain mengakibatkan anda tidak bisa lagi membuka isi dokumen tersebut. Padahal, itu adalah dokumen penting atau tugas yang harus anda kumpulkan segera. Haruskan anda membuat dokumen baru hanya karena dokumen yang telah anda simpan itu rusak? Bagaimana jika ukurannya besar yang berarti isi dokumen atau file tersebut banyak, mungkinkah anda untuk membuatnya kembali dari awal? Apalagi kalau yang rusak tersebut adalah dokumen yang berisi data-data hasil penelitian yang belum anda backup.

Anda tidak perlu merasa panik, sampai-sampai merasa dunia sudah berakhir. Kata Shaden “dunia belum berakhir…” :D
Ada satu cara untuk memperbaiki dokumen MS Word yang rusak / corrupt. Pada artikel ini, contoh yang saya berikan adalah menggunakan MS Office 2007. Mari kita ikuti langkah-langkah berikut.


  • Buka MS Word (Microsoft Word)
  • Pada menu utama, klik file -> Open
  • Pilih file atau dokumen yang rusak yang ingin anda perbaiki.
  • Kemudian, pada tombol open, ada panah kecil, klik pada panah kecil tersebut.
  • Ada beberapa opsi untuk membuka dokumen, maka pilih “Open and Repair” (Lihat Gambar).
  • Selanjutnya, MS Word akan bekerja sendiri untuk memperbaiki dokumen anda, tunggu hingga dokumen terbuka sepenuhnya.
Memperbaiki Dokumen MS Word yang Rusak / Corrupt


Ada beberapa kekurangan bila anda menggunakan fitur dari MS Word ini untuk memperbaiki dokumen yang rusak. Kekurangan mendasar dengan cara ini adalah dokumen tidak sepenuhnya bisa diperbaiki, mungkin hanya sebagian dokumen saja yang bisa diperbaiki, meskipun terkadang bila anda beruntung bisa seluruh dokumen anda kembali utuh. Meski demikian, cara memperbaiki dokumen MS Word yang rusak ini cukup membantu anda setidaknya tidak perlu menulis ulang keseluruhan dokumen yang telah anda buat.

Semoga cara memperbaiki dokumen MS Word yang rusak ini bisa membantu dan bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
rating 4.5

G+

0 comments:

Post a Comment