Cara Mengatasi Wasir/Ambeien Saat Hamil

Cara Mengatasi Wasir/Ambeien Saat Hamil - ini dia Cara Mengatasi Wasir/Ambeien Saat Hamil. Wasir merupakan hal yang menyakitkan, karena adanya bengkak di daerah anus & rektal. Untuk membantu menghilangkan rasa sakit karena wasir saat hamil, berikut tips dari dr. Roger W. Harms :
Foto Wasir Ambeien
Foto Wasir Ambeien

- Berendam di air hangat. Apabila mempunyai bath tube atau bak besar, berendamlah di air hangat beberapa kali sehari.

- Gunakan kompres dingin atau es, untuk mengompres daerah sekitar anus beberapa kali sehari, untuk membantu mengurangi pembengkakan.
- Coba oleskan witch hazel. Rendam lapisan kapas pada larutan astringent yang mengandung witch hazel, kemudian letakkan kapas tersebut pada daerah anus. Ganti kapas secara berkala.
- Hindari duduk dalam waktu lama karena posisi duduk dapat memberi tekanan pada vena di daerah anus & rektum. Bila memungkinkan, sebaiknya berdiri atau berbaring menyamping. Bila harus duduk, rubahlah posisi/ berdiri setiap beberapa waktu.
- Jaga daerah anus untuk tetap bersih. Gunakan tissue basah yang tidak mengandung parfum & alkohol. Bila perlu gunakan tissue basah yang khusus untuk penderita wasir.
- Coba gunakan obat wasir yang bisa dibeli bebas. Konsultasikan dengan dokter/apoteker mengenai obat wasir baik yang berbentuk krim atau supositoria yang aman digunakan saat hamil.
Yang harus diperhatikan adalah, konstipasi merupakan penyebab utama terjadinya wasir saat hamil. Untuk menghilangkan atau mencegah terjadinya konstipasi, sebaiknya :
- Banyak mengkonsumsi makanan tinggi serat
- Minum air yang banyak
- Banyak bergerak dalam aktifitas sehari-hari
- Tanyakan kepada dokter/apoteker mengenai obat pelunak tinja atau suplemen serat

Jika saran & tips diatas tidak banyak membantu masalah wasir atau Ambeien yang dialami makin memburuk/berdarah, konsultasikan pada doker. Penanganan wasir pada saat hamil dapat meliputi pemberian obat sampai prosedur operasi ringan.
rating 5

G+

0 comments:

Post a Comment