Cara Menghindari Kehilangan Pulsa Pada Ponsel Android

Cara Menghindari Kehilangan Pulsa Pada Ponsel Android - ini diagan Cara Menghindari Kehilangan Pulsa Pada Ponsel Android Pada Posting kali ini, kita kembali akan membahas mengenai Ponsel Android dan Seribu Pernak Pernik Android lainnya. Ponsel Android adalah salah satu smartphone yang paling diminati, selain dari harganya yang lebih terjangkau, aplikasi yang ditawarkannya juga banyak yang gratis. Berbeda dengan Iphone dan Blackberry yang juga termasuk contender terkuat di segmen smartphone. Android menawarkan banyak sekali aplikasi yang bisa memodifikasi setiap segi baik itu internet, multimedia, dan produktivitas.
Tapi ada satu yang agan harus tahu sebelum memasuki dunia smartphone. Setiap smartphone yg ada dipasaran menggunakan setting default yang sangat haus akan mobile data. Aplikasi bawaan di smartphone seperti Facebook, Gmail, Yahoo!, dll setiap waktu akan terus mengupdate sesuai dengan account yang sudah tersinkronisasi.

Hal ini bagi pebisnis ataupun user yang rajin mengupdate status di social networking mereka. Ini bisa menjadi satu kemudahan tersendiri karena mereka tidak perlu lagi membuka laman website yang dituju untuk mencheck segala macam update yg ada. Tapi dibalik kemudahan itu ada konsekuensi yang harus mereka hadapi apalagi kalau bukan pulsa.
Dari hari kehari makin banyak provider handphone berlomba-lomba menawarkan tarif internet hemat untuk pengguna ponsel, terutama ponsel smartphone. Mulai dari paket harian, mingguan, bulanan dan ada juga yang memakai kuota data hingga data yang unlimited. Untuk pengguna ponsel kalangan menengah kebawah, paket data harian adalah pilihan yang banyak di minati, selain untuk mengontrol penghematan pulsa, mereka juga menggunakan paket ini karena memang kebutuhan internet mereka yang tidak terlalu tinggi.

Bagi mereka yang tidak perduli akan kocek pulsanya. Mereka tidak akan ambil pusing dengan paket data harian dan langsung beralih ke paket data unlimited yang harganya bisa 30x lebih mahal. Tapi bagi pengguna awam yang sangat perduli akan ketersediaan pulsanya, paket data harian yang mereka anggap murah bisa berbalik 180 derajat dan merugikan mereka jauh melebihi paket data unlimited dari provider handphone mereka sendiri. Kenapa bisa begitu?
Paket data harian yg biasanya berbasis kuota jika diliat langsung memang lebih murah, dilihat dari range harga 1.000 / hari / 10MB. Tapi tahukah kamu, 10MB itu bisa habis dalam waktu cepat tanpa kita sadari, dan tahu” justru kita dikenakan over charge Rp 1-2/KB!
Jika dalam satu hari kita buka 50 halaman facebook, twitter 50 kali, atau bahkan membuka 10 halaman email, mobile data yang termakan sudah lebih dari 10MB, dan jika batas kuota itu sudah lewat dan agan tetap menggunakan internet, taruhlah 5 halaman saja, pulsa agan akan dikenakan overcharge dan berkurang Rp. 1.000,- terus dan terus termakan selama mobile data yang dipakai dan tersinkronisasi dengan account agan masih berjalan.
Ini tentu sangat merugikan, terlebih bagi yang user awam yang tidak mengerti seluk beluk layanan mobile data di provider yang mereka pakai. 1000, 2000, atau bahkan 5000 rupiah pulsa habis setiap hari adalah jumlah yang bisa dibilang sangat lumayan. Dan ketika kita komplain ke provider SIM, mereka tidak bisa bilang apa” karena mereka sudah memberikan 2 paket quota dan paket unlimited, diluar itu mereka bisa dibilang tidak akan bertanggung jawab.
Lalu bagaimana mengatasi hal ini? Terutama bagi pengguna ponsel android. Ikuti tips berikut ini :

1. Minimalisir account yang tersinkronisasi.
Semakin banyak account yang tersinkronisasi akan semakin banyak pula traffic mobile yang berjalan di ponsel. Karena setiap interval waktu yang ada akan digunakan aplikasi tersebut untuk mengupdate hal” terbaru di account yang sudah tersinkronisasi dengan ponsel. 2 aplikasi bawaan android yaitu Facebook dan Gmail adalah salah satu applikasi yang bisa dibilang haus akan update. Buat agan pengguna social networking yang tidak membutuhkan update 24 jam sehari bisa menghemat pulsa dengan cara mematikan (disable) sinkronisasi account tersebut dan baru menggunakannya (enable) saat agan ingin mengetahui update apa saja yang ada account social networking agan. Cara ini sangat efektif buat para user yang menggunakan paket kuota harian karena traffic mobile data bisa diminimalisir sedemikian mungkin dan dibutuhkan jika memang benar” dibutuhkan.
Agan bisa merubahnya dengan cara masuk ke menu setting > Accounts and sync > enable Background Data lalu disable Auto sync, Jika ada aplikasi yang agan rasa itu penting dan harus tetap online agan bisa meng-enable sync account tersebut maka aplikasi itu akan tetap berjalan di background meskipun fitur Auto Sync nya mati. Dan tetap jangan lupa men-disable sync untuk account yang agan rasa tidak terlalu penting.

2. Maksimalkan wifi, Minimalisir pengaktifan mobile data lewat APN.
Jika disekitar kita tersedia koneksi wifi, terlebih itu gratis. Ini akan sangat menguntungkan. Selain bisa mendapatkan koneksi yang lebih cepat, dengan terkoneksinya kita dengan wifi, kita bisa mendisable mobile data untuk sementara waktu dan menghemat pengeluaran pulsa untuk koneksi internet.

Selain wifi, APN adalah salah satu gerbang untuk ponsel kita supaya bisa terhubung dengan internet. Cuma sayangnya setiap APN provider SIM mematok biaya setiap kali ponsel kita terhubung dengan internet. APN atau singkatan dari Access Point Name akan otomatis tersinkron dengan ponsel sesuai dengan SIM card yang kita gunakan. Selama APN itu aktif maka ponsel kita akan memerlukan mobile data, dan setiap mobile data baik itu yang masuk maupun keluar dari ponsel akan dihitung dalam bentuk KB, setiap KB akan dikenakan biaya tergantung dari harga yang ditawarkan dari setiap provider SIM.

Kita bisa mendisable APN untuk menghindari bocornya pulsa, namun caranya mengubah setting tersebut akan beresiko mengacaukan APN bawaan dari SIM dan mengakibatkan ponsel agan tidak bisa mengakses internet. Nah untuk menghindari itu, ada banyak applikasi yg agan bisa coba untuk men-disable APN hanya dengan satu tombol. Salah satunya teman-teman bisa coba disini. Pilih disable data jika teman-teman ingin menggunakan wifi atau menonaktifkan mobile data sementara waktu, lalu enable kembali jika teman-teman membutuhkan koneksi internet dan tidak ada jaringan wifi disekitar teman-teman.

Monitor output dari satu aplikasi sangatlah penting, karena kita bisa mengetahui aplikasi apa yang paling banyak menggunakan mobilitas data. Jika aplikasi itu dirasa tidak terlalu penting namun boros data, agan bisa mendisable sementara waktu atau bahkan menguninstall aplikasi tersebut dan mencari aplikasi lain sejenis yang lebih ramah data. Untuk memonitor traffic tertentu di ponsel secara spesifik ada beberapa aplikasi tersedia di Android Market, salah satunya bisa diliat Ada satu hal sebenarnya yang sangat disayangkan terutama bagi para konsumen pengguna smartphone Android yang menggunakan paket data internet harian. Dikarenakan default setting dari ponsel Android itu sendiri yang otomatis menggunakan mobile data selama masih ada pulsa di nomor tersebut tanpa meminta persetujuan atau konfirmasi terlebih dahulu dari pemilik kartu. (Hal ini udah ane konfirmasi ke call center salah satu provider SIM, dan jawaban mereka mengenai kebocoran pulsa / over charged paket data harian adalah karena setting default ponsel android itu sendiri).

Bagi yang tidak mau repot akan kebocoran pulsa / over charged, sebenarnya bisa langsung mengaktifkan paket unlimited bulanan. Memang paket unlimited bulanan sebenarnya memakai kuota juga, Cuma kuota tersebut hanya digunakan untuk membatasi atau melimit kecepatan koneksi download yang kita pakai ketika kuotanya sudah habis. Contoh koneksi normal yang kita dapat mencapai 384Kbps, dan setelah kuotanya habis maka koneksi yang kita dapat diturunkan menjadi 128 Kbps.

Untuk pengguna kalangan menengah kebawah pulsa wajib 50rb – 80rb rupiah perbulan untuk internet dirasa cukup berat. Maka oleh karena, beberapa provider SIM menyediakan paket data internet murah berbasis harian, namun paket ini sebaiknya digunakan dan dikontrol dengan baik, karena jika tidak, sesuatu yang seharus murah dan meringankan malah justru membawa kerugian bagi diri kita sendiri. Mudah-mudahan kedua tips diatas bisa membantu teman-teman, supaya dapat mengelola pulsa internet teman-teman dengan lebih baik. dan demikian tentang  Cara Menghindari Kehilangan Pulsa Pada Ponsel Android


message for hujan-info : semakin anda kasari saya, maka semakin gila saya copas artikel anda, maka berbaik baiklah dengan saya agar tidak di copas

rating 5

G+

0 comments:

Post a Comment