Cara Sederhana Mengatasi Insomnia

Cara Sederhana Mengatasi Insomnia - Insomnia adalah gejala kurang tidur yang disebabkan oleh banyak faktor. Penderita Insomnia mengalami kesulitan tidur nyenyak yang dapat berakibat penurunan kesehatan dan kualitas hidup seseorang. Untuk dapat mengatasi Insomnia, ada beberapa tips sederhana yang dapat menciptakan tidur yang sehat. Seperti dikutip dari Dr Andreas Prasadja RPSGT Sleep Disorder Clinic ada beberapa Tips Sederhana Mengatasi Insomnia sebagai berikut.
Cara Sederhana Mengatasi Insomnia Cara Sederhana Mengatasi Insomnia
Mencukupi kebutuhan tidur, setidaknya delapan jam per hari.
Sembilan jam sebelum tidur, sebaiknya hindari konsumsi minuman penambah energi maupun yang mengandung kafein seperti kopi, teh. Kafein yang dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur hanya akan menghambat datangnya rasa kantuk.
Membuang kebiasaan merokok, meski kandungan nikotin yang ada pada rokok hanya bekerja selama 30 menit, namun nikotin ini memiliki zat adiksi yang kuat, sehingga orang yang sudah kecanduan rokok bisa-bisa tengah malam terbangun hanya karena ingin merokok dan tentu saja ini mengganggu tidur.
Jangan mengonsumsi alkohol, karena alkohol bisa memberi efek ingin buang air kecil terus menerus pada malam hari.
Makan dan minum secukupnya, supaya tidak kekenyangan dan kelaparan pada malam hari.
Sebaiknya olahraga (gym) jangan dilakukan pada malam hari! Disarankan tiga jam sebelum tidur, Anda sudah selesai berolahraga.
Satu jam sebelum tidur, tinggalkan semua pekerjaan dan biasakan untuk mengistirahatkan tubuh serta pikiran dengan kegiatan-kegiatan menyenangkan namun bersifat santai seperti mendengarkan musik.
Jangan pergi ke tempat tidur jika dirasa belum mengantuk dan benar-benar ingin tidur. Oleh karenanya jika sudah benar-benar mengantuk barulah naik ke tempat tidur. Jangan melakukan kegiatan apapun di tempat tidur selain tidur dan berhubungan intim dengan pasangan.
Jika insomia berlangsung setiap malam dan mulai mengganggu kerja dan aktivitas sehari-hari, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dokter akan membantu menemukan penyebab insomia dan akan mengobati seperlunya.
Jangan minum obat tidur tanpa nasihat dari dokter. Obat tersebut mungkin akan mengurangi sedikit keluhan tetapi penggunaan secara terus-menerus dengan jangka waktu yang lama akan menyebabkan adiksi (ketagihan). demikian ulasan mengenai Cara Sederhana Mengatasi Insomnia

G+

0 comments:

Post a Comment