Ciri-Ciri Komentar Spam dan Cara Menghadapinya

Ciri-Ciri Komentar Spam dan Cara Menghadapinya - kali ini saya akan share sebuah judul postingan Ciri-Ciri Komentar Spam dan Cara Menghadapinya, atau bisa juga di katakan Ciri-Ciri Komentar Spam Pada Blog.
Spam bisa dibilang kaleng atau junk mail. Spam comment artinya komentar kaleng,tidak berharga. Biasanya berupa iklan,mengajak seseorang untuk membeli atau melihat halaman tertentu pada sebuah web. Spam tidak hanya dijumpai di email,tapi juga terkadang di Message-Text,forum,komentar blog dan mungkin juga di dalam aplikasi chatting anda seperti Yahoo Messenger ataupun Gtalk.
Lalu bagaimana dengan spam yang mampir ke blog kita? Banyak cara yang bisa kita lakukan,tapi untuk lebih baiknya,kita harus mengerti bagaimana spam ini dikirimkan. Spam di komentar blog dikirimkan dengan banyak cara. Ada yang dikirimkan secara manual. Dalam arti orang yang membuat komen junk atau komen spam di blog,ia memposting komentarnya secara manual. Ada juga yang menggunakan script generator. Kalau anda tidak asing dengan pemrograman python,tentunya akan sangat mudah untuk bisa posting komen di blog seseorang,tinggal jalankan scriptnya,dan secara sadis komen-komen spam akan nongol di blog tersebut. Spam yang paling jahat adalah memaksa seseorang untuk klik link yang ditawarkan namun ternyata link tersebut berisi spyware dan muncul pop-up –pop-up yang malah membuat browser anda jadi kacau.
Ada banyak cara untuk mencegahnya,pertama moderate seluruh komen yang masuk. Cara yang ini terbilang ampuh,namun perlu anda ketahui kalau yang komentar di blog Anda ribuan orangnya,tentunya anda tidak mau sibuk-sibuk untuk mengklik satu-satu. Cara yang kedua dengan menggunakan moderate,namun identitas-identitas tertentu dari IP tertentu saja yang boleh,lumayan ini bisa,namun tetap saja spam-spam itu masih bisa masuk. Cara yang ampuh lainnya adalah dengan menggunakan akismet. Sebuah plugin dari wordpress yang mana plugin ini membantu sebuah isi blog dari serangan spam. Bisa jadi serangan spam itu menggunakan IP-IP yang diperbolehkan dari anda,akismet ini menggunakan kode khusus yang dikelola oleh wordpress. Anda bisa dengan gratis menggunakan akismet ini,tinggal download pluginnya. Dan selama ini saya menggunakan akismet dengan moderasi di komentarnya.
Saya rasa tidak masalah kalau saya moderasi komentarnya,toh komentar-komentar yang masuk apabila bukan berisi spam akan saya aprove. Sedangkan spam,otomatis akan masuk ke dalam komentar kategori spam. Perlu diingat,wordpress sendiri mempunyai fasilitas untuk memberitahukan kita bahwa ada komentar masuk melalui email. Ini membuat keuntungan bagi kita,yang mana apabila kita ingin mengetahui komentar-komentar yang bisa kita tampilkan di blog dan tidak,kita tidak perlu login dulu ke blog,sekalipun nantinya kita login di blog,namun untuk lebih mempermudah kita bahwa komentar si A bisa ditampilkan,komentar si B bisa ditampilkan dan tidak.
Dengan teknologi yang terus berkembang,maka semakin berkembanglah modus-modus spam yang dipakai. Kita harus sering update plugin-plugin penangkal spam. Hal ini dilakukan agar kita tetap terjaga dari serangan spam yang mana secara acak datang kepada kita. Ada beberapa ciri-ciri komentar spam,diantaranya adalah:
- “Hi,your article was great,you have regular reader now”
- “I like your article,may be you can see my product”
dan yang sejenis dengan itu. Dan perlu diingat lihatlah email atau web yang ada pada mereka. Kalau ia memang tidak mengikutkan alamat webnya,maka mungkin bukan spam,tapi lihat baik-baik link dan alamat webnya. Biasanya orang-orang yang nyepam ke komen-komen blog itu mengikut sertakan link-link yang mengarah ke sebuah situs yang menyesatkan. Dan email yang diisi kadang juga bukan email asli atau asal ngetik.
Tapi perlu dibedakan spam beneran dan tidak. Tidak semuanya seperti itu. Itu juga tergantung dari anda memutuskan apakah sebuah komen layak untuk bisa ditampilkan di blog,sebab setiap pengunjung juga akan membaca komentar dari para pengunjung lainnya. Apabila isi komentarnya nihil spam,maka tentunya akan menaikkan trafik blog Anda,dan para pembaca pun dapat nyaman membaca blog Anda tanpa spam.
rating 4.5

G+

0 comments:

Post a Comment