Mengoptimalkan Judul Postingan agar Blog SEO Friendly

Mengoptimalkan Judul Postingan agar Blog SEO Friendly - kalau pada postingan sebelumnya telah saya jelaskan tentang Mengubah Judul Blog di Belakang Judul posting Agar SEO Friendly. Nah sekarang sedikit saya jelaskan tentang Mengoptimalkan Judul Postingan agar Blog SEO Friendly.

title tag dimana Judul Artikel/Postingan telah diubah menjadi berada di depan Judul Blog. Memang apa istimewanya? Tampilan seperti itu lebih SEO friendly.

Pada saat kita mengetikkan kata kunci tertentu pada mesin pencari google, maka yang dibaca oleh robot pencari google adalah title tag pada sebuah blog. Title tag adalah judul/nama blog yang ada pada bagian atas browser.

Pada setting default Blogger, saat sebuah artikel/postingan dibuka, maka tampilan pada title browser adalah Judul Blog di depan Judul Artikel. Hal ini kurang menguntungkan dari segi SEO, karena bisa mengurangi daya saing blog pada mesin pencari.

Konon dalam menelusuri dan mendeteksi keywords yang ada, secara umum Google hanya akan memprioritaskan 64 karakter terdepan (termasuk spasi) dari Judul Blog. Bayangkan jika Judul Blog yang dibuat terlanjur tidak SEO friendly (seperti Judul blog ini, hehe...), maka berapa keywords utama yang akan hilang. So, tipis harapan untuk menembus 10 besar hasil pencarian google.

Untuk mengatasi hal ini maka Judul Artikel perlu dioptimalkan, yakni dengan meletakkannya di depan Judul Blog pada tampilan browser.

Cara untuk mengubah posisi Judul Artikel di depan Judul Blog pada Blogspot:
login ke www.blogger.com
pada Dashboard, pilih Rancangan (Design)
klik Edit HTML
untuk keamanan klik Download Template lengkap
centang expand widget untuk memunculkan script yang ada
cari kode:

<title><data:blog.title/></title> 


atau 


<title><data:blog.pagetitle/></title> 
hapus kode di atas, lalu ganti dengan kode di bawah ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == "index"'> <title><data:blog.title/></title> <b:else/> <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title> </b:if> 
save.
Jika berhasil, maka saat salah satu artikel dibuka, pada title bar browser akan tampak tampilan di mana Judul Blog akan di belakang Judul Postingan.
rating 5

G+

0 comments:

Post a Comment