Perbedaan Netbook dan Notebook

Perbedaan Netbook dan Notebook - Apa sih bedanya Netbook atau Notebook? Berikut ini adalah ulasan singkat tentang perbedaan keduanya.

Netbook, gadget yang satu ini khusus didesain untuk berinternet ria dimanapun dan kapanpun juga. Netbook mempunyai tampilan yang mungil, dengan layar antara 7 sampai 10.1 inch, daya tahan baterai yang lama (4-9 jam sekali charging). Kenapa Netbook bisa mempunyai ketahanan baterai yang cukup lama, ini tidak lain karena Netbook kebanyakan menggunakan prosesor sekelas Intel Atom (misal Intel Atom N270, N280 atau Intel Atom N450) yang membutuhkan daya lebih kecil dibandingkan (misalnya) dengan Prosesor sekelas Intel Core 2 Duo, selain itu juga Netbook tidak dilengkapi dengan DVD/CD ROM sehingga bisa meminimalkan pemakaian daya dari Netbook. Jadi kalau hanya butuhkan sebuah laptop untuk Internetan, Membuat Laporan/Makalah, Dengerin Musik atau sekedar Facebookan dan Chatting, makalah pilihlah NETBOOK.
Perbedaan Netbook dan Notebook
Sedangkan Notebook, mempunyai layar dari 10.1 ke atas, rata-rata 14 inch, prosesor yang dipakai mulai dari sekelas Intel Dual Core sampai yang terbaru Intel Core i3, i5 dan Intel Core i7, dilengkapi dengan DVD/CD ROM. Notebook menjadi pilihan yang bijak jika kamu menginginkan sebuah Laptop yang tidak hanya sekedar dipakai untuk internetan. Misalnya jika kamu ingin mengedit sebuah video, mengedit foto/gambar dengan Photoshop/ Corel Draw atau Nonton Film HD, maka kamu harus memilih Notebook, karena Notebook mempunyai ‘tenaga’ atau power yang lebih tinggi dibandingkan Netbook.

Dimensi dan ukuran layar

Ada perbedaan yang cukup mencolok antara netbook dan notebook. Ukuran layar netbook lebih kecil dan berkisar di angka 7”-10,2” sedangkan notebook mulai 12” keatas. Selain itu, netbook berukuran lebih kecil dan lebih ringkas untuk dibawa-bawa dibanding notebook. Berat netbook juga jelas lebih ringan di banding notebook umumnya. Memang netbook lebih portable dibanding notebook.

Spesifikasi hardware

Spesifikasi hardware antara netbook dengan notebook berbeda. Biasanya, netbook menggunakan prosesor Intel Atom, VIA C7 yang hemat energi, AMD pun tidak mau kalah dan akan meluncurkan prosesor Athlon Neo, AMD C50, E350 (Brazos) untuk pasar netbook. Netbook biasanya dibekali Ram 512mb-1gb untuk mendukung performanya. Netbook biasanya sudah dibekali peralatan untuk berinternet dengan nyaman dengan menyertakan wi-fi dan bloetooth bahkan akhir-akhir ini ada produsen yang menyertakan modem 3G dan 3,5G (HSDPA), tak lupa webcam pun hadir di sebagian besar netbook yang beredar. Beberapa produsen menyediakan opsi SSD (Solid State Drive) sebagai media penyimpananya kerena lebih hemat energi jika dibandinkan dengan hardisk. Sementara notebook biasanya mnggunakan prosesor yang lebih kuat seperti, Pentium Dual-core, Core2 Duo, Core i3, Core i5, Turion X2 dengan ram yang sama atau lebih besar dari netbook. Notebook juga dapat menggunakan discrete graphic dari Ati Radeon atau Nvidia GeForce, Netbook ada yang menggunakan grafis dari Nvidia GeForce (platform ION) dan Radeon (Platform AMD Athlon Neo dan AMD Brazos).

Daya tahan baterai

Notebook pada umumnya hanya mampu ‘hidup’ dengan baterai selama 1-3jam saja. Sedangkan netbook mampu bertahan lama antara 3-5jam. Ini dikarenakan hardware yang digunakan netbook lebih hemat energi dibanding notebook.

Fungsi dan target pengguna

Dilihat dari spesifikasi hardware yang digunakan, jelas performa notebook jauh lebih cepat dibanding netbook. Notebook ditujukan bagi orang yang membutuhkan komputer yang cukup bertenaga untuk bekerja dan dapat dibawa kemana-mana. Performa notebook sekarang (terutama platform centrino2) sudah mendekati bahkan menyamai komputer desktop kelas mainstream. Performa ini sangat berguna bagi orang yang membutuhkan komputer pekerjaan editing multimedia atau hal-hal yang lebih dari sekedar mengetik. Sedangkan netbook ditujukan bagi orang yang menginginkan mobilitas dalam menggunakan komputer untuk sekedar pekerjaan office dan internet. Performa netbook pun pas-pasan. Saya kini menggunakan Netbook Acer AO 531h dengan spesifikasi Intel Atom N280, GMA 950, 2 GB DDR2 dan 160GB HDD, performanya paspasan, namun cukup untuk komputasi dasar seperti office dan internetan.

Harga

Ini adalah poin paling penting bagi sebagian orang. Dikala krisis global, orang akan lebih sensitif terhadap harga dibandingkan fitur yang ditawarkan. Kini harga Notebook di kisaran 3,5juta keatas. Sedangkan netbook baru harganya mulai dari 2 jutaan.
Sumber : techno.infospesial.net/read/524/perbedaan-netbook-dan-notebook.html

rating 5

G+

0 comments:

Post a Comment