Ramalan Bisnis 2012 Versi Suhu Yo

Ramalan Bisnis 2012 Versi Suhu Yo - Tanggal 23 Januari 2012 menjadi pergantian tahun baru perhitungan Tionghoa ke-2563 yang bertepatan dengan tahun naga air. Bagi orang yang mempercayai Fengshui tentunya akan bertanya-tanya apa yang terjadi pada tahun naga ini?

Pada tahun naga air diperkirakan banyak bisnis mengalami kemerosotan, bahkan diramalkan bisnis susah mengalir, namun ada juga yang mengalami kemajuan bisnis karena hoki pada tahun ini.

Secara umum berdasarkan kepercayaan Tionghoa ada 12 simbolisasi tahun yaitu mencakup (berurutan) tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, kera, ayam, anjing dan babi. Selain itu dikenal juga lima unsur di alam semesta yaitu air, tanah, kayu, logam dan api.

Berikut ini wawancara detikFinance dengan konsultan Fengshui Yohanes Cokrowibowo yang lebih dikenal dengan Suhu Yo, kepada detikFinance, akhir pekan lalu saat ditemui di kantornya, di Mangga Dua Square, Jakarta.

Apa makna tahun naga air di 2012?

Naga itu shio yang belum pernah dilihat dari 12 shio dari semua orang. Kalau shio naga tahun paling yang susah diprediksi, banyak jeleknya daripada baiknya. Ini diperparah tahun ini kalau tahun ini tahun naga air, akan ada banjir besar akan terjadi Januari 2012 dan Desember 2012, setahun akan terjadi banjir.

Makna khusus tahun naga saat ini?

Nagar air adalah naga hijau, adalah naga yang ganas, naga yang kejam, naga yang tidak ada ampun. Khusus terkait dengan makna ekonomi, bahwa naga itu musuhnya adalah logam. Sehingga usaha yang berkaitan dengan unsur logam usaha akan jatuh. Seperti harga emas akan mencapai Rp 650.000 sampai Rp 1 juta per gram itu akan terjadi di 2012.

Selain itu harga mobil akan melambung tinggi pada tahun ini, karena unsur logam. Ini karena logam 'takut' dengan air.

Bisnis yang paling dilihat dari lemahnya ekonomi dengan adanya banjir dan musim paceklik panjang, maka tumbuh-tumbuhan dan hasil bumi akan naik harganya, karena permintaan banyak suplai kurang, krisis pangan akan ada. Yang paling ditakutkan ada pasangnya air laut, sehingga harga-harga ikan akan naik.

Bisa kasih contoh dari fenomena yang bakal terjadi di tahun naga air?

Dilihat lagi dari sisi naga, bahwa naga adalah ciptaan China, walaupun dibeberapa kebudayaan ada, tapi garis besar orang China lah yang membuat naga, maka akan booming tahun 2012 ini produk-produk China, seperti motor listrik, mobil hemat energi dari China akan membanjiri banyak negara, termasuk buah dan plastik pun dari China, termasuk kain. Tahun 2011 sudah terlihat banyak pabrik yang tutup seperti pabrik pakaian, tas, dan pabrik ember pun tutup.

Lalu bisnis apa yang bakal tak menguntungkan tahun ini dari kacamata Fengshui?

Jadi logam, hasil bumi, kan unsur tanah itu kan dekat dengan air, maka tanah akan hancur karena kebanyakan air, logam akan hancur karena air, kain dan kertas akan hancur karena air. Unsur logam akan dihancurkan oleh unsur air.

Namun logam cuma bisa beruntung tahun 2012 itu dengan adanya unsur api, misalnya bidang elektronik, seperti pembangkit listrik, orang yang berbisnis pembangkit listrik pasti kaya.

Bukan kah kalau api itu 'kalah' dengan air?

Justru adanya keseimbangan yaitu yin dan yang, bisnis tahun ini yang terkait dengan api adalah bisnis restoran akan lumayan tak akan jatuh. Orang yang buka restoran akan jalan, elektronik, listrik akan jalan semuanya.

Kalau bisnis yang berat tahun ini apa?

Yang berat itu hasil bumi, air, kertas, termasuk bisnis air, seperti pabrik minuman mineral kemasan akan hancur akan jatuh karena air ketemu air ya Chiong atau naas (jelek).

Tahun ini shio mana saja yang masuk kategori chiong?

Yaitu kambing, anjing dan kerbau, seperti SBY dan Barack Obama juga chiong, selama 3 tahun. Tahun 2012 ini chiong yang paling besar ada kerbau paling naas. Yang naik tahun ini adalah tikus, ular, kelinci dan naga.

Lalu apa lagi penerawang anda terkait ekonomi di tahun naga?

Kalau dilihat perkembangan ekonomi 2012 harga emas akan mencapai Rp 650.000 sampai Rp 1 juta (per gram), harga premium sampai Rp 6000, harga Pertamax bisa sampai Rp 10.000 karena naiknya harga minyak. Kemudian harga tanah bisa dua kali lipat karena harga emas naik.

Kalau harga tanah naik tinggi, bagaimana dengan prospek properti di tahun naga?

Saya sekarang konsultan Fengshui beberapa perusahaa properti seperti Agung Sedayu, itu harga rukonya yang biasa dijual Rp 1,8 miliar bisa dijual Rp 4 miliar, semua orang borong ruko, jual ruko 3000 unit dalam satu bulan habis. Jual ruko sampai kocok unit, semua orang berebut investasi, memang rumah lagi laku, karena yang punya duit beli semua, daripada bunganya nggak ada.

Jadi properti termasuk yang naik tahun ini?

Jadi yang naik itu selain tadi adalah bisnis makanan, properti akan naik, tapi jangan salah beberapa (pengembang) properti akan mengalami kesulitan karena mereka sudah terima uang duluan (DP), kalau harga bahan bangunan sudah naik semua, termasuk semen, maka akan pusing juga.

Dari sisi hong shui, rumah yang bagus di 2012 ini adalah yang menghadap ke Tenggara dan Selatan. Ini karena naga itu keluarnya dari Utara, orang carinya semua yang Tenggara dan Selatan.

Kenapa orang jual properti lebih mahal Rp 10 juta yang menghadap selatan dibandingkan yang menghadap ke utara? Saya lihat saya ketawa sendiri, karena orang lagi cari Selatan semua, coba cek saja. Selatan lebih mahal Rp 10-20 juta itu pasti, semua orang borong selatan, Utaranya nggak laku untuk 2012. Beberapa ini saja orang borong Selatan semua.

Yang perlu ditakutkan adalah, dengan makin tingginya harga properti, makin tingginya harga emas, disitulah makin tingginya kesenjangan sosial, keamanan makin kurang. Orang kalangan bawah mau memiliki rumah makin nggak mampu mau makan nggak mampu sehingga adanya banyaknya kejahatan.

Kalau dilihat properti 2012, para pengembang takut menjual, pengembang takut harga tanah naik terus dan harga bangunan. Seperti Agung Sedayu setelah Green Lake City, dengan pertimbangan harga bangunan mereka keep dulu tahun dulu melihat perjalanan 2012 ini.

Saya lihat beberapa properti seperti Bintaro Jaya tak menjual semua, lalu setelah itu diam lagi.

Dari berbagai perhitungan tadi, kalau orang mau memulai bisnis di tahun naga ini bagaimana?

Orang berbisnis itu tergantung dengan nasib, berarti ada peluang. Peluang usaha itu kan bagaimana ada kedekatan dengan seseorang dan memberi peluang dan mereka kerja keras, kedua ini penting. Ada juga unsur hoki, bagaimana mereka menghasilkan uang seperti shio-shio yang bagus tadi.

Bagi shio-shio yang tadi kurang bagus seperti anjing, kerbau, kalau yang mau bisnis tahun ini masih adakah peluang?

Lebih bagus sih jangan, atau mereka berpartner dengan shio dengan orang yang shionya bagus.

Jadi bisnis yang booming tahun naga?

Semua orang yang berbisnis terkait unsur api, semua laris. Elektronika dan restoran. Elektronika laris, seperti orang yang dagang produk elektronika HP China pun laris, dari pada beli BB nggak mampu, yang nggak mampu lebih pilih membeli yang buatan China Rp 300.000 HP yang bisa internetan semua. Akhirnya orang yang jualan HP China laku banget.

Bagaimana dengan gonjang-ganjing bursa saham?

Kalau saham dari siklusnya selalu angka 8, misalnya kejatuhan bursa 1998, tahun 2008 dan tahun 2018, memang 2005 ada penurunan tapi 2008 lebih jatuh lagi. Memang untuk saham bagi pasar di Indonesia selalu jatuh diangka 8. Tahun 2012 cukup jatuh tapi akan lebih jatuh lagi di 2018.

Kondisi 2012 secara makro, dari sisi siklus Fengshui, menyerupai kondisi tahun kapan ya?

Tahun ini akan lebih mirip 2008, kalau 1998 itu kan jatuh sekali, tapi kalau 2008 jatuhnya ekonomi seluruh dunia. BBM pasti akan naik.

Kesimpulannya?

Tahun naga itu memang nggak bisa dibaca, akan hancur tatanan ekonomi, tatanan negara, masalah politik. Tahun ini memang polanya abu-abu tak bisa diraba terlalu banyak, walaupun bagaimanapun naga dibutuhkan oleh orang, maka ada istilah jalur kepala naga atau jalur bisnis. Sekarang ini 2012 adalah tahun munculnya kepala naga air, maka kalau tahun ekonomi bisa bagus maka tahun selanjutnya akan bagus, tapi kalau tahun ini jelek, 11 tahun ke depan akan jelek terus ekonominya.

Sumber : detik.com

rating 5

G+

0 comments:

Post a Comment