RIM Tablet BlackBerry Java PlayBook QNX

RIM Tablet BlackBerry Java PlayBook QNX - Terjawab sudah rumor mengenai tablet BlackBerry PlayBook selama ini, apakah tablet besutan RIM yang berbasis teknologi QNX akan mampu menjalankan aplikasi Android? Tentu saja, Mike Lazaridis, Co-CEO RIM telah memberi konfirmasi, dengan menyatakan akan membuka PlayBook untuk aplikasi berbasis Android dan BlackBerry Java. Ini akan membuat lebih banyak pilihan aplikasi serta fleksibilitas di dalam BlackBerry PlayBook.

Namun tidak sesimpel itu, RIM juga telah menjelaskan kalau Android Market sendiri tidak akan bisa beroperasi di PlayBook, pengguna hanya bisa mengakses aplikasi Android melalui BlackBerry App World. Satu hal lagi yang perlu dicatat adalah hanya aplikasi Android tertentu yang dapat berjalan pada tablet 7 inci besutan RIM ini, BlackBerry PlayBook hanya mendukung aplikasi Android 2.3 (Gingerbread).

Pengembang aplikasi dapat mengemas ulang dan mendaftarkan aplikasinya yang berbasis Java dan Android di BlackBerry App World untuk disetujui dan disebarluaskan. Meski tergolong telat masuk pasar tablet PC namun kerjasama RIM dengan Google dalam memperkaya aplikasi di PlayBook dirasa sebagian kalangan sebagai strategi yang tepat. Mungkin saja dapat meningkatkan harga saham RIM yang sempat turun belakangan ini.

BlackBerry PlayBook akan meluncur tanggal 19 April 2011 mendatang di Amerika dan Kanada. Belum diketahui kapan tablet ini akan menyambangi Indonesia, berharap saja di Bulan Mei tablet ini sudah bisa dinikmati di Indonesia yang memiliki banyak sekali pengguna ponsel BlackBerry. Via Teknoup

rating 5

G+

0 comments:

Post a Comment