Tes Berapa IQ Anda, Cara Mudah Mengetest IQ

Tes Berapa IQ Anda, Cara Mudah Mengetest IQ - Kecerdasan ialah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar. Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa IQ merupakan usia mental yang dimiliki manusia berdasarkan perbandingan usia kronologis.


Tes Berapa IQ Anda, Cara Mudah Mengetest IQ
Defenisi:

Terdapat beberapa cara untuk mendefinisikan kecerdasan. Dalam beberapa kasus, kecerdasan bisa termasuk kreativitas, kepribadian, watak, pengetahuan, atau kebijaksanaan. Namun, beberapa psikolog tak memasukkan hal-hal tadi dalam kerangka definisi kecerdasan. Kecerdasan biasanya merujuk pada kemampuan atau kapasitas mental dalam berpikir, namun belum terdapat definisi yang memuaskan mengenai kecerdasan. Stenberg& Slater (1982) mendefinisikannya sebagai tindakan atau pemikiran yang bertujuan dan adaptif.

Struktur:

Kecerdasan dapat dibagi dua yaitu kecerdasan umum biasa disebut sebagai faktor-g maupun kecerdasan spesifik. Akan tetapi pada dasarnya kecerdasan dapat dipilah-pilah. Berikut ini pembagian spesifikasi kecerdasan menurut L.L. Thurstone:

* Pemahaman dan kemampuan verbal
* Angka dan hitungan
* Kemampuan visual
* Daya ingat
* Penalaran
* Kecepatan perseptual

Skala Wechsler yang umum dipergunakan untuk mendapatkan taraf kecerdasan membagi kecerdasan menjadi dua kelompok besar yaitu kemampuan kecerdasan verbal (VIQ) dan kemampuan kecerdasan tampilan (PIQ).

Pengukuran:

Salah satu uji kecerdasan yang diterima luas ialah berdasarkan pada uji psikometrik atau IQ. Pengukuran kecerdasan dilakukan dengan menggunakan tes tertulis atau tes tampilan (performance test) atau saat ini berkembang pengukuran dengan alat bantu komputer. Alat uji kecerdasan yang biasa di pergunakan adalah:

* Stanford-Binnet intelligence scale
* Wechsler scales yang terbagi menjadi beberapa turunan alat uji seperti: WB (untuk dewasa), WAIS (untuk dewasa versi lebih baru), WISC (untuk anak usia sekolah), dan WPPSI (untuk anak pra sekolah)
* IST
* TIKI (alat uji kecerdasan Khas Indonesia)
* FRT
* PM-60, PM Advance

Bagaimanakah dengan IQ Anda?

Apakah Anda merasa mempunyai IQ yang tinggi? Atau bahkan Anda menjadi rendah diri karena Anda merasa mempunyai IQ yang tergolong rendah? Ups, jangan merasa PD atau minder dahulu, sebaiknya Anda mengetes IQ Anda terlebih dahulu. Banyak layanan yang menyediakan untuk tujuan tersebut, baik yang gratis maupun berbayar.

Nah, di antara sekian banyak layanan tersebut, Anda dapat mencoba layanan yang gratis yang banyak ditemui di internet.
rating 4.5

G+

0 comments:

Post a Comment