Cara Membuat CV dalam Bahasa Inggris

Cara Membuat CV dalam Bahasa Inggris - ini saya rasa juga penting untuk di bahas, dan memang Kesan pertama yang Anda beri di dalam CV sangat menentukan tahap selanjutnya dalam lamaran kerja Anda karena biasanya perusahaan akan mempertimbangkan apakah Anda lolos seleksi ke tahap wawancara. 


Curriculum Vitae (CV)
biasanya terdiri dari 8 bagian, yaitu:
1. Biodata. 
2. Pendidikan. 
3. Pengalaman kerja. 
4. Kursus/pendidikan tambahan. 
5. Kegiatan ekstrakurikuler. 
6. Pengalaman organisasi. 
7. Ketrampilan. 
8. Prestasi yang pernah diraih. Hal-hal yang harus diingat saat menyusun dan membuat CV antara lain: 1. Format yang rapi dan diketik menggunakan komputer, menggunakan font yang formal seperti Arial, Times New Roman atau Trebuchet MS. 


Cetaklah di atas kertas berukuran A4 dengan ukuran font 11-12 dan jarak spasi 1-1.5. 2. Berilah informasi yang relevan dengan pekerjaan yang sedang dilamar saja. Anda tidak perlu menceritakan seluruh kisah hidup Anda di dalam CV. Sertakan juga pengalaman dan keahlian yang dapat menunjang lamaran kerja sesuai dengan jabatan yang diinginkan. 


3. Sebuah CV harus dapat “menjual” diri Anda dengan menunjukkan pihak perusahaan bahwa Andalah yang mereka cari dan paling pantas untuk lowongan tersebut. Anda juga harus bisa meyakinkan perusahaan bahwa kemampuan dan ketrampilan Anda akan menguntungkan pihak perusahaan dan Andalah yang mereka inginkan untuk bergabung di perusahaan tersebut. Cobalah mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, tipe pegawai seperti apa yang mereka sukai, dan ketrampilan apa yang mereka inginkan. Lihatlah dari sudut pandang perusahaan, seakan-akan Anda sedang berada di pihak perusahaan yang hendak merekrut tenaga kerja. Namun tetaplah bersikap jujur dan menjadi diri sendiri.


4. Yang perlu diperhatikan dalam membuat CV dalam Bahasa Inggris adalah penyusunan kata (grammar) yang benar, penulisan kata (spelling) yang benar, dan format bahasa tertulis yang professional. Pastikan Anda mengecek ulang semua poin-poin di atas. Contoh format Curriculum Vitae dalam Bahasa Inggris : 


CURRICULUM VITAE
I. Biodata Name : Rosalina Sugiarto
Place/Date of Birth : Serang, 11 April 1980 Gender : Female Status : Single Address : Jalan Kemang No.123, Jakarta Selatan Ph. (021) 9876 5432, HP. 0810 000 000 e-mail : rosalina@email.com II. Education 1984-1986 : TK Anak Bangsa Serang 1986-1992 : SD Anak Bangsa Serang 1992-1995 : SMP Anak Bangsa Serang 1995-1998 : SMA Anak Bangsa Serang 1998-2004 : Faculty of Public Relations, Lampung University, Lampung III. 


Course/Training 2001 : English Language – LPK Tunas Bangsa Lampung 2003 : Computer – LPK Tunas Bangsa Lampung IV. Extracurricular Activity/Organization Experience 1998-2004 : Member of “Studio One” Photography Club 2002-2004 : Secretary in Social Cultural Club of Lampung University V. Other Skills 1. Computer: Able to operate Windows, Ms Office, Internet and others. 2. Language: Good command of English both oral and written. 3. HR: Understand the role of HR department, including recruitment and others. VI. Employment 2004-2007 : HR Staff of PT. ABC Jakarta VII. Achievement - Best Employee of the year 2004, HR Department of PT. ABC Jakarta - Best Employee of the year 2005, HR Department of PT. ABC Jakarta I hereby declare that all the information given herein is true. Jakarta, 15th February 2007 Yours Sincerely, Rosalina Sugiarto Itulah salah satu contoh Curriculum Vitae dalam Bahasa Inggris. Mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda

rating 5

G+

0 comments:

Post a Comment