Penyebab Asam Urat, Faktor yang menyebabkan Asam Urat

Penyebab Asam Urat, Faktor yang menyebabkan Asam Urat - kalau kita berbicara mengenai Penyebab Asam Urat, Faktor yang menyebabkan Asam Urat atau pun Gejala dari Asam Urat sendiri sebenarnya tidaklah banyak. Istilah urat mungkin salah arti, karena tidak terkait dgn urat/otot. Mungkin istilah ini merupakan terjemahan dari bahasa Inggris “urate” yg berasal dari kata uric atau urin yg berarti air seni. Istilah yg lebih umum adalah “Gout”. Penyebab nyeri dan pembengkakan adalah kristal “uric acid” yg mengumpul di persendian. “Uric acid” adalah substansi yg normalnya terbentuk ketika tubuh menguraikan sisa produk yang disebut “purine”.”Uric acid” mestinya larut dalam darah dan dikeluarkan melalui “kidney” ke dalam air seni. Orang yg menderita asam urat mempunyai kadar “uric acid” yg sedemikian tinggi sehingga kristalnya terkumpul di persendian dan “tissue”
yg lain.


kondisi orang yg terlalu banyak “uric acid” dalam darah disebut “hyperuricemia”. Ada banyak orang yg “hyperuricemia” tapi tidak kena “gout”.”Gout” adalah rasa sakit, panas, merah dan bengkak pada persendian. Umumnya satu sendi pada satu saat – sering sendi besar dari ibu jari kaki. Ia juga mempengaruhi sendi yg lain, seperti lutut, siku, kaki, tangan, pergelangan dan punggung. Dokter anda dianjurkan mengecek jenis “arthritis” lain, seperti “psedogout” dan “infectioius arthritis”.
Setelah beberapa tahun, kristal “uric acid” dapat mengendap dan membentuk deposit besar yang disebut “tophi” dan terlihat seperti. benjolan (lump) dibawah kulit.”Hyperuricemia” dapat disebabkan oleh 1) ginjal tidak bisa mengeluarkan “uric acid” dengan cepat, 2) tubuh membuat terlalu banyak “uric acid”.
Sebenarnya seperti penyakit maag, “pengobatannya” berupa terapi diet saja alias tidak memerlukan obat-obatan kimia. Sejauh pola makan kita yang baik, Insya Allah, asam urat tidak kambuh. Yang penting tidak terjadi penimbunan asam urat di tubuh dan pengeluaran asam urat dari tubuh harus lancar.
Yang dimaksud dengan asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makananyang kita konsumsi. Ini juga merupakan hasil samping dari pemecahan sel dalam darah. Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuhmakhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karenakita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita.Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu.Normalnya, asam urat ini akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses (kotoran) dan urin, tetapikarena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh. Hal lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat adalah kita terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak purin. Asam urat yang berlebih selanjutnya akan terkumpul pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri atau bengkak.Penderita asam urat setelah menjalani pengobatan yang tepat dapat diobati sehingga kadar asam urat dalam tubuhnya kembali normal. Tapi karena dalam tubuhnya ada potensi penumpukanasam urat, maka disarankan agar mengontrol makanan yang dikonsumsi sehingga dapat menghindari makanan yang banyak mengandung purin. Nah itu Sedikit Gambaran Tentang 
Penyebab Asam Urat, Faktor yang menyebabkan Asam Urat. semoga ada manfaatnya buat Para Pembaca.
rating 5

G+

0 comments:

Post a Comment